1. SUM
Fungsi : untuk
melakukan counter atau menjumlahkan semua nilai argumen.
Bentuk pemakaiannya:
SUM
(range sel)
Contoh :
misalkan kita akan menjumlahkan dari sel H5
sampai sel H15, maka penulisannya:
=SUM(H5:H15)
2 SUMIF
Fungsi ini berguna
untuk menjumlah sel-sel yang memenuhi kriteria tertentu. Bentuk pemakaiannya:
SUMIF(range,
kriteria, range_yang_dijumlah)
Dalam hal ini
·
Argumen pertama
menyatakan range yang akan dievaluasi.
·
Argumen kedua
menentukan kriteria dari sel yang akan dijumlah..
·
Argumen ketiga
menentukan sel-sel yang secara aktual dijumlah.
3. COUNT
Fungsinya untuk
melakukan penjumlahan
Buntuk umum :
=COUNT(Range sel)
Contoh:
Misalkan kita akan
menghitung jumlah pegawai yang berada di sel B5 sampai sel B15, maka
penulisannya:
=COUNT(B5:B15)
4. COUNTIF
Fungsi countif digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu range atau rentang yang memenuhi kriteria tunggal yang telah kita tentukan sebelumnya.
P Penulisan fungsi countif :
=countif(range;criteria)
5. COPY
RUMUS
Fungsi rumus yang sama
dengan Excel dapat kita copy-kan untuk mempercepat dalam penulisan rumus
istilah tersebut yang sering disebut dengan copy rumus. Untu melakukan copy
rumus tandai sel yang akan di copy, kemudian arahkan kursor di pojok kanan
bawah hi ngga berubah menjadi tanda”+” kemudian tarik kursor tersebut.
6. SEL
ABSOLUTE
Merupakan referensi
yang menunjuk ke sel yang tetap dan tidak berubah kalau disalin ke sel mana
saja. Cara menuliskan referensi absolute adalah sebagai berikut.
A1
Menyatakan
referensi relatif, sedangkan
$A$1
Menyatakan
referensi absolut. Dalam hal ini, tanda $ (dolar) diletakkan di depan judul
kolom dan judul baris.
Contoh:
=C$4+C$4*$C$2/12*$B6
Dalam hal ini:
·
C$4 menyatakan bahwa
posisi kolom bersifat relatif sehingga kalau disalin ke kolom D akan berubah
menjadi D, sedangkan $4 menyatakan bahwa kemanapun penyalinan dilakukan, baris
ini tidak berubah.
·
$C$2 menyatakan bahwa
referensi ini adalah referansi absolute. Kemanapun disalin, hasilnya tetap
berupa $C$2
·
$B6 menyatakan bahwa
hanya baris yang akan berubah menyesuaikan posisi relatif tempat salinan
diletakkan, sedangkan posisi kolom (B) tetap.
Sumber: TRIWAHYUNI, Terra Ch..2005. Penuntun
Praktis Belajar Microsft Excel. Yogyakarta: Andi
0 komentar:
Posting Komentar